Berita Terkini

OPTIMALKAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA SOSIALISASI KEPEMILUAN, KPU CIANJUR LAKSANAKAN EVALUASI KEPADA PPK DIVISI SOSPARMAS SE-KABUPATEN CIANJUR

Bojongpicung - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cianjur melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi dalam Pemilihan Umum Tahun 2024. Rabu (31/05). Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Desa Sukarama Kecamatan Bojongpicung ini dibuka oleh Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Cianjur Rustiman dan dihadiri oleh seluruh Anggota Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Cianjur yang membidangi kaitan sosialisai, disampaikan dalam sambutan Rustiman menyampaikan bahwa sejak dibentuknya Panitia Pemilihan Kecamatan untuk Pemilu 2024 ini memang belum ada kegiatan sosialisasi kepemiluan yang berbasis instruksi dan anggaran, namun menurutnya hal tersebut tidak lantas dijadikan alasan oleh penyelenggara di tingkat PPK dan PPS untuk tidak melakukan kreatifitas dalam mensosialisasikan tahapan dan informasi kepemiluan kepada masyarakat selama tidak bertentangan dengan peraturan perundang-udangan. Rustiman menggambarkan atas banyaknya hal yang dapat dilakukan penyelenggara dalam mensosialisasikan informasi dan tahapan yang telah berjalan, salah satu diantaranya adalah dengan mengoptimalkan media sosial sebagai sarana penyampaian informasi kepada masyarakat.

Kaitan dengan evaluasi, Kepala Subbagian Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Cianjur Sanatha Perguna menyampaian apresiasi atas kinerja PPK yang belakangan tengah diarahkan oleh Pengelola Media Sosial KPU Cianjur terkait pengoptimalan media sosial sebagai sarana informasi kepemiluan, Ia melihat adanya aktifitas signifikan pada media sosial KPU Cianjur serta media sosial PPK dan PPS dalam menyampaikan tahapan salah satunya adalah pertumbuhan follower pada salah satu flatform media sosial yang dimiliki KPU Cianjur "Setiap harinya saya melihat follower instagram KPU Cianjur meningkat, hari ini telah mencapai 18.000 an follower, saya kira dengan meningkatnya followers pada media sosial ini berbanding lurus dengan lebih luasnya jangkauan media sosial kami dalam menyampaikan informasi kepemiluan" kata Perguna. Disisi lain Pengelola Media Sosial KPU Cianjur Adhari Fiqhi berharap para PPK dan PPS dapat terus mengajak masyarakat di wilayahnya untuk mengikuti informasi yang disampaikan melalui media sosial KPU Cianjur ini, ia berharap hal ini dapat diterima sebagai bagian dari tugas dan kewajiban penyelenggara dalam menyampaikan informasi dan tahapan kepada masyarakat, adapun berdasarkan data menurutnya jumlah pengikut pada media sosial ini kurang lebih hanya mencapai 1 (satu) persen saja dari jumlah pemilih berdasarkan rekapitulasi DPSHP di Kabupaten Cianjur yang artinya masih ada sekitar 99 (sembilan puluh sembilan) persen dari jumlah pemilih saat ini tidak dapat menerima informasi kepemiluan melalui media sosial KPU Cianjur.

Kegiatan evaluasi dilanjutkan dengan asistensi dan tutor kepada PPK terkait penggunaan template media sosial dengan berdasar pada Surat Dinas KPU Republik Indonesia, diharapkan dengan penggunaan template ini dapat tersaji informasi kepemiluan melalui media sosial PPK yang lebih menarik serta terarah sehingga dapat mendorong minat masyarakat dalam mengikuti informasi kepemiluan dan tapan yang disajikan pada media sosial KPU, PPK dan PPS se-Kabupaten Cianjur. ~AF

Bagikan:

facebook twitter whatapps

Telah dilihat 429 kali